Pengertian Endorsement Dalam Dunia Pilot

Tak perlu khawatir dengan cakupan audiensnya karena Zaskia memiliki pengikut sebanyak 16 juta orang. Cukup cari selebritas yang sekiranya cocok dengan barang dan jasa yang Anda produksi. Jangkauan jejaring sosial yang luas dan cenderung cepat tanggap lebih efektif untuk menggaet konsumen. Berbeda dengan iklan melalui televisi, radio, koran, atau majalah yang membutuhkan waktu yang kurang cepat dan tarif yang mahal.

Kalau para pendukung Si Public Figure mereka bilang ini hanya berlatar ekonomi. Kalau mereka beranggapan banyak perputaran uang yang terjadi dalam Pandemi Covid-19 ini. Vaksin, ventilator, bisnis rumah sakit, bahkan hingga ke yang paling kecil masker.

Itu juga yang dimanfaatkan oleh para selebriti yang memang memiliki platform dengan jutaan pengikut. Mengutip dari Hermawan Kartosuwiryo bahwa saat ini pemasaran sedang memasuki era baru yaitu “new wave marketing”. New Wave Marketing merupakan era dimana perusahaan dan para konsumennya lebih bersifat horizontal, layaknya hubungan antar teman sehingga komunikasi yang terjalin diantara keduanya bisa ditanggapi positif oleh konsumen. Padahal seringkali harapan konsumen yang tinggi tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan sehingga bisa menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini banyak pemilik bisnis yang berlomba-lomba untuk meningkatkan followers yang ada di akun sosial media.

Berdasarkan laporan dari e-Marketer, belanja iklan secara digital di Indonesia telah mencapai 477 juta dollar atau kurang lebih 6,5 triliun rupiah. Jadi, endorse atau endorsement merupakan bentuk kerja sama yang dibangun antara pemilik produk dengan orang biasa, figur publik, hingga selebriti untuk memberikan testimoni sebagai ajang promosi. Kemudian Anda menggunakan jasa endorsement dan meminta untuk juga mengikut sertakan nama akun bisnis Anda tersebut ke dalam konten.

Tentu saja ini menjadi salah satu kelebihan yang akan didapatkan ketika Anda bekerjasama dengan figur publik untuk endorsement. Sehingga ketika produk Anda mereka promosikan, juga akan ikut mendapatkan atensi tersebut. Di Fastwork, Anda bisa mendapatkan endorse selebgram murah dan paid promote Instagram murah secara lebih mudah.

Bahkan, Raffi Ahmad mengaku tarif endorse sosial medianya sudah naik sejak memasuki tahun baru 2021. Melansir dari kanal YouTube politisi sekaligus pengusaha Diaz Hendropriyono, tarif endorse Nagita dan Raffi memang selangit. Usut punya usut, tarif endorse Nagita dan Raffi bervariasi bergantung jenis postingan. Dari sini sudah bisa ditebak jika Nagita masih lebih unggul perihal tarif endorsenya ketimbang Ayu Ting Ting. Kabarnya, pendapatan Ayu selisihnya sampai setengah penghasilan Nagita untuk satu kali endorse alias 50 persennya. Dan saat ini Influlancer telah mengantongi lebih dari 2.000 pengguna dengan puluhan kampanye model endorsement telah dilakukan.

Endorsment

Jangan sampai salah pilih artis karena kamu salah memilih artis, maka tidak akan sesuai dengan market yang kamu bidik dan akan sulit dalam penjualan. Jangan asal memilih artis atau selegram untuk melakukan endorsement. Setiap artis memiliki karakter dan picture sendiri yang sudah menancap di benak follower mereka, sehingga pastikan untuk memilih artis dan selebgram yang image-nya cocok dengan produkmu.

Sehingga dalam waktu cepat, penjualan produk Anda bisa meningkat drastis. Apalagi jika pesan promosinya sangat meyakinkan, akan mempengaruhi semakin banyak orang. Tentunya tarif menjadi lebih mahal, yaitu sekitar Rp4,2 sampai four,7 juta per kiriman. Selanjutnya, tarif untuk video tutorial dipatok senilai Rp5,2―5,7 juta.